Perkenalkan diriku adalah Abdullah bin Abdul Majid, blog ini dibuat dalam rangka memposting petuah-petuah yang didasarkan pada pondasi Al qur'an dan as Sunnah. Semoga blog ini bermanfaat bagi para pembaca dan yang menulis. Matur Thank You.,sampun moco

Kamis, 08 Maret 2012

KIAT SEHAT UNTUK SANTRI

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, yang terbebas dari segala macam penyakit, karena betapapun kayanya seseorang “barometer kaum materialis”, kebahagiannya tidak akan sempurna apabila nikmat yang satu ini hilang dari kehidupanya.  Namun ada yang lebih baik dari sekedar sehat, yaitu tubuh yang kuat.  Memiliki tubuh yang kuat adalah sebuah idaman bagi seorang muslim. Bagi seorang muslim setidaknya ia tidak melupakan sabda Nabi saw bahwa orang mukmin yang kuat itu lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah.


« الْمُؤْمِنُ الْقَوِىُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِى
كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّى فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا. وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ ».

“Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah, dan terhadap setiap kebaikan, bersemangatlah terhadap apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah swt dan janganlah bersikap lemah, dan jika sesuatu menimpamu janganlah berkata “sekiranya aku melakukan ini dan itu”, tetapi katakanlah “Allah swt telah menetapkan ini dan apa yang Ia kehendaki maka terjadilah” karena kata “jika” itu membuka pintu setan”


Keterangan diatas adalah sebuah interpretasi dari segi kesehatan, sebenarnya banyak ualam yang telah menafsirkan hadis tersebut, semisal Imam Nawawi mengatakatan bahwa yang dimaksud dengan kata “quwwah” di hadis tersebut adalah keinginan yang kuat pada jiwa  akan urusan  akherat, orang yang bersifat seprti ini ia lebih berani kepada musuh di medan jihad, lebih cepat menghadapinya, lebih kuat tekatnya dalam menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar, dan bersabar terhadap semua gangguan karena tindakannya itu, dan lebih bersemangat dalam beribadah kepada Allah. (Maktabah, Imam Nawawi, Minhaj:9/19). Belakangan ini banyak yang mengartikan “kuat” di hadis  tersebut dalah kuat dalam segala bidang, kuat fisik, kuat pikir, kuat finansial, kuat teknologi, dll. Karena negara kita demokrasi maka silakan temen-temen memberikan interpretasi lafal “المؤمن القوة” yang sesuai dengan zaman sekarang.
Kembali kepada tema diatas, “santrii” adalah panggilan yang digunakan oleh ust. Lasiman kepada thalabah PUTM semester VI. Nampaknya kegiatan belajar mengajar di PUTM rumayan ...telebih untuk semester VI sekarang berbeda dengan angkatan sebelumnya, terasa lebih padat dan lebih banyak tugas.   Tetapi, kondisi seperti ini tidak mempengaruhi semangat sebagian tholabah, seperti misalnya seorang temen yang nampak sakit saya tanya “kamu kenapa?”  sambil sentrap sentrup ia menjawab,”memang, untuk semester ini klo tidak nglembur, tugas gak akan selesai, 4 hari belakangan ini saya nglembur. Matanya terlihat merah.
Memang aktivitas tholabah tidak terlepas dari hobinya, bagi yang hobi belajar, ia akan belajar terusss, sampai terkadang ia bersikap tak adil terhadap tubuhnya, ia lebih memberikan porsi makan yang lebih banyak pada otaknya, namun kondisi tubuhnya diabaikan. Ingat lhoo!! Setiap tubuh kita mempunyai hak. Ada lagi yang hobi ngenet sampai, makan pun terlupakan, aktivitas yang lain terabaikan. Ada yang hobi nglamun. “yang satu ini kayaknya gak ada jee.hehehe”  ada yang hobi dengan urusan desain grafis,berjam-jam pun ai tidak terasa didepan laptop.  Masih banyal lagi hobi2 lain, yang tidak bisa saya sebutkan disini. Yang pastinya hobi ini dilakukan setelah melakukan kewajiban sebagai tholabah. Aktifitas seperti inilah yang terkadang tanpa disadari akan menjadikan tubuh menjadi lemah, kurang fit, atau bahkan gampang mudah terkena penyakit.

Dalam rangka mewujudkan motto PUTM, integrasi ilmu dan amal, dalam hal ini saya mengajak teman-teman untuk lebih memperhatikan kondisi tubuh kita. Ilmu dari hadis di atas, tinggal kapan kita akan mewujudkan dalam bentuk nyata. Santrii!! Mari kita jadikan tubuh kita sehat dan kuat.
Santrii!! Saya akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan, ditengah-tengah kesibukan sodara……
1.      Bergabung bersama TS
Bukan promosi, mengingat perkataan Ust, lasiman seorang da’i nanti akan menhadapi berbagaimacam sosio-kultural masyarakat, yang hal itu berimplikasi kepada bagaimana mereka menerima pesan kita. “Setidaknya santri itu bisa  menendang yang mantap” katanya. Jangan sampai santri itu sama anjing saja takut.”  
Tapak Suci yang dilaksanakan setiap hari kamis itu akan sangat membantu dalam membina jasmani kita. Tubuh yang Nampak segar orang lain akan senang melihatnya, dan sebaliknya bila tubuh kita kering, sakit-sakitan orang lain pun gak tega melihat kita, dan pastinya ortu kita juga tidak akan rela melihat kita sseperti itu.
Kita akan mendapatkan manfaat yang banyak ketika kita mengikuti TS PUTM, selain tubuh kita sehat karena banyak bergerak saat latihan, kita juga akan mendapatkan berbagaimacam jurus, jurus tangan maupun kaki.
Temen-temen yang bergabung jangan haukola karena cuaca, Ok!!. Kalau perlu enyahkan cuaca yang mengganggu itu dengan tendangan ikan terbang menjulang angkasa kalian.
2.      Bertamasya disekitar PUTM
Kalau temen-temen tidak bisa bergabung dengan TS dengan alasan yang macam-macam, ada tips kedua.. ini lebih mudah dan menyenangkan, yaitu “BERTAMASYA” yang artinya jalan-jalan disekitar Kaliurang. Melihat disekitar  Kaliurang banyak pariwisata, missal; tlogo putri, taman nak-kanak, gua jepang, gardu pandang, dll, temen-temen bisa memanfaatkannya.
Dr Michael Merzenich, profesor emeritus dari University of California, San Francisco Amerika Serikat mengatakan bahwa berjalan dan melihat sekitar adalah merupakan cara  sederhana untuk membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, pengolahan, dan persepsi.(kompas OL)
Santrii!! Bila anda menginginkan seperti apa yang dikatakan oleh Pak Merzenick, maka sempatkanlah waktukalian untuk menjelajahi Wisata kaliurang.
3.      Bermain bola dan badminton
Salam olah raga, bermain bola di PUTM adalah aktivitas yang rutin dilakukan oleh tholabah PUTM “klo kosong”. Hanya saja tidak semua tholabah suka bermain bola, dengan alasan yang macam-macam, ada beralasan takut kaki luka, tidak bisa main bola, dll. Padahal main bola di PUTM itu tidak butuh keahlian, asal bisa berdiri saja itu sudah cukup sebagai modal keahlian bermain bola di PUTM. Untuk meramaikan bermain bola di PUTM terkadang memang butuh orang-orang yang tidak bisa main bola. Jika anda merasa orang yang gak bisa bermain bola, mari kita ramaikan main bola di PUTM dengan kekurangan anda tersebut. anda akan mendapatkan 2 keuntungan, 1. Anda bisa biki tertawa temen-temen. 2. Tubuh anda sehat karena banyak bergerak. Klo enggak percaya coba saja tanyakan Rico De Coro.
Untuk badminton memang butuh modal, karenanya bagi anak PUTM hanya sedikit yang suka main bad minton. Tidak seperti main bola.

4.      Ikut kegiatan sosial
Yang terakhir ini untuk temenQ yang  tidak suka TS, Bertamasya, bermain bola, dan badminton. Yang saya maksud dengan kegiatan sosial ini adalah kegiatan yang telah menjadi program baik PUTM maupun IMM. Piket harian maupun mingguan jika kita lakukan dengan baik itu juga akan bermanfaat bagi kesehatan kita. Apabila kita melaksanakan jadwal kita yang ada dengan dua niat, yang pertama karena kewajiban, kedua karena ingin berolahraga pagi, akan berdampak baik pada kualitas kerja kita, apalagi kalo diniatkan beribadah.
Pada hari minggu sebelum piket juga ada program lari pagi. Ini bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan kita. Jangan sampai kita lebih memilih pura-pura sakit untuk menghindar dari kegiatan ini. setidaknya kita berpikiran kegiatan ini diadakan untuk menjaga stamina tholabah. sehingga dengan demikian kita bersemangat untuk lari pagi.
Diadakan lari pagi selain untuk syi’ar, ia juga akan menambah keakraban diantara santri. Dibarengi dengan yel yel  yang dipimpin langsung oleh HW pusat hal ini akan menjadikan kita lebih bersemangat.

5.      No ini bisa temen-temen isi sendiri, karena tips untuk menjadikan tubuh sehat di pesantren tidak hanya di atas.

Itulah tips dari saya untuk semua, tips anda untuk kita apa??







0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More